Barcelona 5-1 Lyon: Blaugrana Melenggang Mulus ke Perempat Final Champions League

0 155

​Barcelona sukses menjaga momentum kemenangan sekaligus memastikan satu tempat di babak perempat final saat mengalahkan wakil Prancis, Olympique Lyon dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar ​Champions League yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (14/3) dini hari WIB.

Dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 5-1 tersebut, dua gol tuan rumah sukses dilesakkan Philippe Coutinho, Gerard Pique, Ousmane Dembele dan dua gol ​Lionel Messi. Sementara tim tamu memperkecil ketertinggalan melalui Lucas Tousart di menit ke-59.

​Jalannya Pertandingan

Kedua tim langsung menampilkan permainan cepat dan terbuka sejak awal laga, baik ​Barcelona maupun Olympique Lyon pun sama-sama mencari celah untuk dapat membuka keunggulan, namun 15 menit pertandingan berjalan masih belum ada peluang berarti yang tercipta.

Di menit ke-18, Jason Denayer terlihat melakukan pelanggaran keras sekaligus menjatuhkan Luis Suarez di dalam kotak penalti, wasit pemimpin pertandingan, Szymon Mercinak pun langsung menunjuk titik putih. ​Lionel Messi yang menjadi eksekutor sukses mencatatkan nama di papan skor. ​Barca 1-0 Lyon.

Berada dalam keadaan tertinggal membuat tim tamu terlihat langsung ingin menyamakan kedudukan, sayang sepakan Tanguy N’dombele di menit ke-20 masih melambung tipis di atas gawang Marc Andre Ter-Stegen.

Unggul satu gol juga tak lantas membuat ​Barca mengendurkan tempo serangan, di menit ke-28 Ivan Rakitic memiliki peluang untuk menggandakan keunggulan tuan rumah, namun sepakan kerasnya masih bisa di blok Anthony Lopes.

Usaha skuat asuhan Ernesto Valverde untuk memperlebar skor akhirnya terwujud di menit ke-30, Luis Suarez sebenarnya sudah berhadapan satu lawan satu dengan Anthony Lopes, namun dia lebih memilih mengoper bola pada Philippe Coutinho yang berdiri bebas di kotak penalti. Pemain asal Brasil itu pun tak membuang waktu dan menceploskan bola. ​Barcelona 2-0 Lyon.

Kiper Lyon, Anthony Lopes yang di awal pertandingan mengalami cedera namun kemudian tetap memaksa bermain akhirnya menyerah dan digantikan oleh Mathieu Gorgelin di menit ke-34. Cederanya Lopes juga membuat tugas lini pertahanan tim tamu kian berat, mengingat Barca juga memiliki banyak peluang gol melalui Messi atau Suarez, beruntung Gorgelin bisa menggagalkannya.

​Lionel Messi benar-benar jadi ancaman berbahaya dan sukses memaksa Leo Dubois dan kawan-kawan dalam pertandingan ini, di menit ke-40 dia nyaris kembali mencatatkan namanya di papan skor, namun Gorgelin tampil gemilang dan menepis sepakan pemain bernomor punggung 10 tersebut.

Terus menerima gelombang serangan dari tuan rumah tak lantas membuat Lyon tanpa peluang dalam pertandingan ini, sayang usaha Nabil Fekir, Memphis Depay atau Moussa Dembele selalu bisa digagalkan barisan belakang skuat asuhan Ernesto Valverde. Tak ada gol tambahan yang tercipta membuat babak pertama berakhir dengan keunggulan 2-0 untuk​ Barcelona.

Di babak kedua, ​Barcelona nyaris memperlebar keunggulan saat laga baru memasuki menit ke-46, sayang sepakannya setelah menerima assist Arthur gagal merobek gawang Gorgelin karena Marcelo sukses membloknya sebelum bola melewati garis gawang.

Di menit ke-49,giliran Lyon yang mengancam lini belakang tuan rumah, sayang serangan cepat skuat asuhan Bruno Genesio dengan cepat di blok Clement Lenglet meski akhirnya pemain asal Prancis itu harus menerima kartu kuning karena melakukan pelanggaran pada Nabil Fekir.

Usaha Les Gones untuk mengejar ketertinggalan akhirnya membuahkan hasil di menit ke-58, berawal dari sepak pojok, kemelut terjadi di dalam kotak penalti. Lucas Tousart sukses memanfaatkan situasi dan langsung melakukan sepakan keras yang tak bisa dijangkau Ter Stegen. ​Barca 2-1 Lyon.

Sukses memperkecil ketertinggalan, membuat Lyon terus menekan lini pertahanan Barca, di menit ke-62 dia sukses menyisir sisi kiri dan langsung melakukan sepakan keras ke arah gawang, sayang sepakannya belum berhasil mengecoh Ter Stegen. Begitu pula peluang yang didapat Memphis Depay.

Meski Lyon sukses mengejar ketertinggalan, hal tersebut nampaknya sama sekali tak memengaruhi performa tuan rumah, ​Barca terus mencari peluang untuk memperlebar skor, hasilnya di menit ke-78 ​Messi kembali mencatatkan namanya di papan skor setelah menerima assist Busquets.

Tak puas hanya mencetak gol, ​La Pulga juga mencatatkan namanya di daftar assist saat pertandingan memasuki menit ke-81. Assist yang dia torehkan juga sukses dimanfaatkan Gerard Pique.​ Barcelona 4-1 Lyon.

Sudah unggul jauh sama sekali tak membuat tuan rumah puas dan mengendurkan tempo serangan, hasilnya di menit ke-86, Ousmane Dembele sukses mencatatkan namanya di papan skor. Lagi-lagi ​Lionel Messi jadi aktor di balik terciptanya gol ini.

Tak ada gol tambahan yang tercipta membuat pertandingan berakhir dengan skor telak 5-1. Barcelona pun dipastikan lolos ke babak perempat final menyusul tujuh tim lain yang sebelumnya sudah memastikan tempat terlebih dulu, yakni Ajax, FC Porto,​Manchester United, ​Juventus, ​Manchester City, ​Tottenham dan ​Liverpool.

Susunan Pemain:

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen; Sergi Roberto (Semedo 83′), Clement Lenglet, Gerard Pique, Jordi Alba; Ivan Rakitic, Sergio Busquets, Arthur (Vidal 74′); Lionel Messi, Luis Suarez, Philippe Coutinho (Dembele 70′)

Lyon (3-5-2): Anthony Lopes (Gorgelin 34′); Jason Denayer, Marcelo, Marcal; Leo Dubois, Lucas Tousart, Tanguy NDombele, Nabil Fekir, Ferland Mendy (Cornet 77′); Moussa Dembele, Memphis Depay (Traore 74′)

You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.